Kang Ade Rusdi

mencari dan memberi yang terbaik

 

Kegiatan Mahasiswa

 

Isu strategis perubahan iklim menjadi perhatian penting bagi negara-negara di dunia, baik negara maju maupun negara berkembang. Sejalan dengan fenomena tersebut, Southeast Asian Ministers of Education Organization-Regional Centre for Archeology and Fine Arts (SEAMEO SPAFA) menyelenggarakan Asia Pacific Forum: Youth Action on Climate Change Exploration through Cultural Expression tanggal 24-27 Januari 2011 di Bangkok, Thailand. Kegiatan Workshop tersebut didukung oleh ASEAN Foundation dan Japan Foundation. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menyampaikan pesan terkait fenomena perubahan iklim melalui pendekatan budaya (culture) serta meningkatkan kolaborasi diantara negara-negara Asia Pasifik untuk menanggulangi dampak perubahan iklim.

Kegiatan konferensi tersebut dihadiri oleh kurang lebih 150 peserta dari perwakilan negara Kamboja, Malaysia, Thailand, Jepang, Bangladesh, Nepal, Filipina, Macau, Vietnam, Laos, dan Australia. Salah satu delegasi dari Indonesia yang terpilih untuk mempresentasikan abstrak adalah Doddy Juli Irawan, peneliti CCROM-SEAP LPPM IPB dengan judul “Climate Challenge: Reflection and Strategy towards Sustainable Development in Indonesia”. Presentasi yang dibawakan oleh perwakilan IPB tersebut berbeda dengan peserta yang lain dikarenakan presentasi yang disampaikan menggunakan media pertunjukan “Wayang Kulit”.

Menurut Doddy, melalui pendekatan budaya kita dapat menyampaikan pesan maupun kebijakan yang terdapat di negara Indonesia yang diharapkan masyarakat lebih mudah memahami mengenai dampak serta peluang perubahan iklim. Salah satu program yang disampaikan dalam presentasi tersebut adalah Indonesia Climate Change Sectoral Roadmap (ICCSR) yang diinisiasi oleh BAPPENAS dan seluruh kementerian terkait. Presentasi yang disampaikan melalui media Wayang Kulit tersebut mendapat apresiasi dari seluruh peserta konferensi dan akan diimplementasikan oleh beberapa negara lainnya.

 

No Responses to “Kegiatan Mahasiswa”

 

Leave a Reply